Home » » Berbagai Tips Untuk Meningkatkan Kualitas sperma

Berbagai Tips Untuk Meningkatkan Kualitas sperma

Sistem kesehatan reproduksi yang terganggu dan dapat menimbulkan kemandulan sebanyak 40 % di sebabkan oleh pihak pria. Masalah infertibilitas yang paling sering di alami oleh pria yaitu karena jumlah sperma yang rendah atau sedikit. Sistem kesehatan reproduksi juga dapat terganggu karena gaya hidup yang tidak sehat di tambah dengan tekanan pekerjaan yang dapat menimbulkan stress atau depresi. Hal-hal tersebut juga cukup berpengaruh terhadap menurunnya kualitas sperma. Sperma yang banyak, lincah merupakan tanda dari sistem kesehatan reproduksi yang sehat.

Berbagai Tips Untuk Meningkatkan Kualitas sperma
Ada beberapa cara yang dapat di tempuh untuk meningkatkan kesuburan yaitu dengan memperbaiki gaya hidup, rajin menjalankan aktifitas olahraga, mengurangi tingkat stress dan mengkonsumsi herbal atau vitamin penambah jumlah sperma. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat di jalani untuk membantu meningkatkan sistem kesehatan reproduksi agar  jumlah sperma dapat meningkat :
  • Rutin mengkonsumsi vitamin : Di dalam vitamin terkandung nutrisi seperti seng, asam folat, selenium yang cukup berperan penting dalam produksi sperma.
  • Rileks : tenang dan santai dalam menjalani hidup agar tidak memicu terjadinya tingkat strees yang dapat berpenagruh terhadap produksi sperma.
  • Melakukan diet yang tepat : Rajin mengkonsumsi buah dan sayuran karena kan dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan jumlah sperma
  • Menjaga berat badan : Menjaga berat badan agar tetap dapat ideal dan normal karena di dalam lemak tubuh untuk orang yang gemuk akan memperlambat produksi hormon yang bertanggung jawab pada sistem kesehatan reproduksi dan menurunkan jumlah sperma.
  • Hindari untuk berendam di air panas, Hindari menggunakan  celana ketat, Berhenti merokok dan minum-minuman keras atau alkohol.


Sperma yang sehat dalah sperma yang memnuhi jumlah yaitu sekitar 20 juta dalam satu ml air mani yang di produksi oleh pria. Meski terlihat sangat besar, pada kenyataannya hanya sekitar 200-300 sperma yang akan dapat bertahan mencapai sel telur dan hanya akan ada satu sperma yang berhasil menembus dinding sel dan membuahi sel telur. Dengan kata lain, untuk meningkat kesuburan dan juga kualitas dari sperma yang di hasilkan harus dapat mengatur pola hidup yang sehat serta mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bermutu tinggi untuk mampu meningkatkan jumlah sperma yang di hasilkan. Beberapa jenis obat herbal dan vitamin akan dapat membantu meningkatkan sistem kesehatan reproduksi manusia. 

0 comments:

Post a Comment