Home » » Pengaruh Kesehatan Reproduksi Bagi Kelahiran Bayi

Pengaruh Kesehatan Reproduksi Bagi Kelahiran Bayi

Kesehatan reproduksi sangat berpengaruh terhadap proses dari sebuah kehamilan yang membutuhkan mekanisme dan waktu yang cukup panjang dan tidak mudah, mulai dari sperma yang membuahi sel telur hingga tercipnya janin yang masih membutuhkan perkembangan hingga saat kelahiran tiba. Salah satu proses dari kehamilan seorang wanita dapat terganggu dan menyebabkan keguguran ataupun tidak terjadinya kehamilan tersebut. Oleh karena itu keberhasilan dalam memiliki seorang anak sangat bergantung pada sistem kesehatan reproduksi dari masing-masing pasangan. Apabila salah satu dari dua faktor tersebut tidak dapat bekerja secara optimal, berarti kesehatan reproduksi sedang terganggu dan dapat berakibat pada kesulitan untuk mendapatkan momongan dengan upaya sendiri.

Sebelum membahas mengenai sistem kesehatan reproduksi, terlebih dahulu untuk dapat memahami proses yang terjadi untuk dapat memperoleh buah hati, antara lain yaitu:
  1. Fertilasi adalah perkawinan yang terjadi antara spermatozoa dan sel telur
  2. Perkembangan embrio atau janin yaitu hingga janin berusia cukup bulan dalam kantung kehamilan ( rahim atau uterus ) pada tubuh seorang ibu.
  3. Proses melahirkan atau yang di kenal dengan istilah portus yaitu Proses mengeluarkan tubuh bayi yang sudah cukup bulan dari rahim ibu melalui saluran reproduksi wanita maupun melalui perut dengan cara melakukan operasi caesar.
Ketidak lengkapan dari proses di atas dapat menyebabkan keguguran dan hingga infertibilitas ( ketidak suburan ) atau yang lebih di kenal secara umum dengan kata-kata mandul. Dengan memahami proses-proses di atas dapat di ambil sebuah kesimpulan kalau seluruh proses reproduksi sangat tergantung pada kondisi sistem kesehatan reproduksi masing-masing pasangan. Apabila spermatozoa yang di hasilkan tidak tidak sehat, proses fertilisasi tidak akan pernah terjadi. Tanpa ada fertilisasi, proses dari sebuah kehamilan tidak akan tercipta ataupun berhasil. Apabila proses dari fertilisasi sudah terjadi namun kondisi wanita abnormal, hal tersebut menyebabkan lingkungan yang tidak baik untu perkembangan embrio itu sendiri. 

1 comments:

  1. I am very grateful for your article, in because of your article will give us more knowledge
    poker online

    ReplyDelete