Home » » Pertanda Wanita Hamil

Pertanda Wanita Hamil

Kesehatan reproduksi wanita saat mengalami kehamilan memang sedikit membingungkan. Hal ini di sebabkan karena kurang pengalaman dan pengetahuan yang membuat mereka tidak tahu pasti dengan ciri-ciri wanita yang sedang hamil. Kesehatan reproduksi mengenai ciri-ciri kehamilan setiap wanita tidaklah sama atau berbeda. Kehamilan dapat secara pasti di diaognosa oleh seorang dokter melalui beberapa tes. Namun terdapat beberapa ciri pada seorang wanita yang merupakan sebuah tanda kalau sedang hamil. Sistem reproduksi wanita yang mengalami  tanda-tanda kehamilan tersebut di sebabkan oleh hormon ataupun beberapa faktor yang lain.

Pertanda Wanita Hamil
Berikut ini adalah beberapa ciri wanita yang sedang mengalami kehamilan antara lain : Ngidam dengan makanan tertentu, hal ini disebabkan oleh karena perubahan hormon di dalam tubuhnya. Yang kedua yaitu Aerola mengitam, Aerola yaitu kulit di sekitar puting susu berubah warna menjadi lebih gelap dapat menjadi tanda jika wanita sedang mengalami kehamilan. Yang ketiga yaitu pendarahan atau kram, sekitar seminggu setelah ovulasi mungkin wanita hamil akan mengalami kram dan pendarahan yang berupa bercak-bercak merah muda. Hal ini di sebabkan karena sel telur terus masuk ke dalam lapisan endometrium. Yang keempat sistem kesehatan reproduksi akan terganggu karena sering buang air kecil, hal ini karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang kian membesar. Yang ke lima adalah cepat lelah, karena dalam fase kehamilan wanita akan memproduksi hormon progestoren dalam jumlah yang cukup besar dan menyebabkan mudah lelah. Yang ke enam adalah Pembengkakan payudara, penciuman berubah, tidak lagi menstruasi, mudah mual dan sering muntah dan yang terakhir yaitu hasil tes urin yang menunjukan positif.

Sistem kesehatan reproduksi wanita memang tidak mudah untuk di tebak. Oleh karena itu untuk dapat mengetahui secara pasti sedang mengalami kehamilan atau tidak adalah dengan melakukan tes urin yang di dampingi seorang dokter. Namun untuk langkah awal dapat di lakukan dengan membeli alat tes di apotik dan melakukan tes urin di rumah. Tes urin di lakukan dengan mengukur kadar HCG ( human chorionic gonadotropin) yaitu hormon yang di hasilkan plasenta dan jumlahnya akan terus meningkat dalam urin dan darah selama minggu pertama setelah mengalami pembuahan. Selama fase kehamilan hindari hal-hal buruk seperti asap rokok, obat-obatan dan alkohol agar bayi dapat lahir dengan normal.

0 comments:

Post a Comment