Home » » Proses Sel Telur Wanita Dihasilkan

Proses Sel Telur Wanita Dihasilkan

Sistem kesehatan reproduksi wanita yang paling utama adalah sel telur atau sel ovum. Sel ini cukup unik dan berbeda dengan sel tubuh manapun. Sejak tahap pembentukannya, sel ini sudah tampak berbeda dari sel spermatozoa. Perkembangan dari sel pembentuk ovum sudah di mulai sebelum seorang wanita di lahirkan atau sistem kesehatan reproduksi wanita sudah di proses sejak masih di dalam rahim. Proses perkembangan sel pembentuk ovum hingga menjadi ovum yang sudah matang dan siap untuk di buahi, secara medis di kenal dengan istilah oogenesis. Pada saat bulan ke -2 perkembangan dari janin atau embrio di dalam rahim, sistem kesehatan reproduksi yang berupa sel-sel pembentuk ovum mengalami pembelahan dan berlanjut terus hingga bulan ke-5 dan hanya sebagian saja yang mengalami pembelahan reduksi kromosom dan DNA.

Proses Sel Telur Wanita Dihasilkan
Sistem kesehatan reproduksi untuk istilah pemebelahan reduksi dalam bahas medis di kenal dengan meiosis. Pembelahan meiosis ini mempunyai tujuan agar jumlah kromosom anak yang di hasilkan bersama-sama dengan spematozoa mempunyai jumlah yang sama dengan jumlah kromosom pada individu normal. Fesa pembelahan meiosis ini akan terus berlanjut sampai masa pubertas. Pada fase pubertas meiosis 1 berjalan dan di rangsang oleh hormon-hormon yang di hasilkan oleh kelenjar otak. Pembelahan meiosis 11 akan di mulai setelah fase meisosis 1 terhenti. Fase –fasetersebut akan terhenti setelah ovum di buahi oelh spermatozoa. Seluruh proses pembelahan dan perkembangan ovum terjadi pada ovarium.

Sistem kesehatan reproduksi wanita pada bagian ovarium sering di sebut dengan istilah kelenjar utma reproduksi wanita yang mapu menghasilkan hormon-hormon seperti estrgen, progestoren, inhibin dan relaxin. Hormon-hormon tersebut sangat penting dalam proses reproduksi, mulai dari oogenesis, implantansi embrio, kehamilan, hingga fase kelahiran janin. Patokan usia pubertas untuk wanita yaitu berkisar antara 8 – 13 tahun. Fase pubertas tersebut di tandai dengan pertumbuhan bentuk fisik yang semakin besar dan di akhiri dengan menstruasi pertama atau menurut bahas medisnya lebih di kenal dengan menarche.

1 comments: