Home » » Spermatozoa Adalah Wujud dan Bukti Dari Kesuburan Pria

Spermatozoa Adalah Wujud dan Bukti Dari Kesuburan Pria

Kesehatan reproduksi manusia hingga saat ini masih banyak yang percaya dengan adanya mitos yang beredar di kalangan masyarakat berkaitan dengan kesuburan seseorang, salah satunya adalah apabila sudah lama menikah dan tidak mempunyai anak berarti orang tersebut mengalami kemandulan. Anggapan tersebut terbukti tidak benar. Bukti medis menunjukkan kalau kesehatan reproduksi tergantung dari sel sperma atau yang lebih di kenal dengan istilah spermatozoa yang menjadi penentu kesuburan terutama untuk seorang pria. Kesempurnaan dari bentuk spermatozoa di mulai dari bentuk kepala, leher hingga ekor merupakan kunci keberhasilan dalam membuahi sel telur wanita. Apabila ada kekurangan yang terdapat pada bentuk spermatozoa, dapat mengakibatkan sistem kesehatan reproduksi jadi terganggu.

Kesehatan reproduksi manusia
Sistem kesehatan reproduksi spermatozoa secara medis di bagi menjadi 4 bagian, yaitu : Kepala, Pada bagian ini tersimpan inti dari spermatozoa. Di dalam inti terdapat materi genetik yang tersusun dalam kromosom yang menjadi faktor penentu jenis kelamin anak. Leher Adalah bagian yang menghubungkan antara bagian kepala dengan bagian tengah. Bagian tengah, Pada bagian ini tersimpan mitokondria yang merupakan struktur dari sel yang mepunyai fungsi untuk menghasilkan energi untuk kelangsungan hidup dan gerak spermatozoa. Bagian ekor, merupakan bagian dari alat gerak spermatozoa untuk menuju ovum. Ekor inilah yang mendorong dan  membuat spermatozoa dapat bergerak dengan cepat menuju sasaran.

Dari keempat bagian tersebut, bagian kepala merupakan bagian yang terpenting karena menyimpan materi genetik yang akan menyatu dengan materi genetik yang terdapat di dalam kandungan sel ovum dan menghasilkan janin atau individu baru. Namun tanpa bagian-bagian yang lain, spermatozoa tidak akan dapat membuahi ovum yang terletak di sistem kesehatan reproduksi wanita. Oleh karena itu, kesempurnaan dari bentuk spematozoa meruapakn kunci utama dari keberhasilan proses fertilisasi atau pembuahan. Selain hal-hal yang sudah di sebutkan di atas, nitrisi yang ter kandung di dalam spermatozoa yang merupakan hasil sekresi kelenjar-kelenjar sistem reproduksi pria merupakan energi penentu hidup serta gerak spematozoa. 

0 comments:

Post a Comment