Home » » Sistem Kesehatan Reproduksi Wanita

Sistem Kesehatan Reproduksi Wanita

Sistem kesehatan reproduksi wanita merupakan sebuah sistem tubuh yang mempunyai bentuk dan manfaat atau fungsi yang cukup unik dan berbeda dengan sistem-sistem tubuh yang lainnya.  Keunikan tersebut sebetulnya cukup mirip dengan sistem kesehatan reproduksi yang di hasilkan oleh kaum pria. Hal itu dapat di buktikan dengan mengetahui tujuan utama dari sistem reproduksi wanita yang juga di percaya mampu menghasilkan sel telur atau yang di kenal dengan istilah ovum. Namun sistem kesehatan reproduksi wanita seringkali di percaya merupakan sebuah sistem yang sangat kompleksdan lebih lengkap dari pada sistem reproduksi para pria. Hal ini di sebabkan oleh karena hampir seluruh fungsi reproduksi manusia hampir sepenuhnya terjadi dalam sistem reproduksi kaum wanita.

Sistem Kesehatan Reproduksi Wanita
Untuk lebih di pahami dan di mengerti, fungsi-fungsi umum sistem kesehatan reproduksi wanita dapat di jelaskan sebagai berikut : sebagai penghasil sel telur atau yang lebih di kenal dengan istilah ovum, menghantarkan sel telur sampai pada tempat di mana sel telur di buahi oleh sel spermatozoa, menyediakan tempat implantansi atau perkembangan dari fase kehamilan hingga kelahiran bayi. Dari fase inilah yang membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama dari mulai  janin berkembang hingga proses kematangan janin untuk dapat keluar dari dalam rahim.

Sesuai dengan bentuk dan manfaat dari sistem kesehatan reproduksi wanita, pembagian struktur yang menyusunnya antara lain Ovarium, saluran keluar ovum atau yang lebih di kenal dengan istilah tuba, kantung kehamilan atau yang sering di sebut dengan istilah rahim, yang terakhir yaitu vagina dan genitalia eksterna. Produksi mempunyai arti sebagai pembuatan atau perkembangan dari sel telur sampai siap untuk di buahi. Hal ini mempunyai arti sebagai alat transport dari sel telur sampai mencapai tujuan atau sasaran yang akan  di capai oleh spermatozoa tersebut untuk melakukan pembuahan atau menurut bahasa medisnya lebih di kenal dengan fertilisasi dan target dari sel telur yaitu spermatozoa yang di hasilkan oleh sistem reproduksi pria. 

0 comments:

Post a Comment